Materi-03 Do’a Hari Ke-3

Posted on September 21, 2008. Filed under: Uncategorized |

Materi-03

Do’a Hari Ke-3

Oleh: Muqoffa Mahyuddin, SAg.[1]

Penyuluh Agama Islam Kokap

Artinya: “Ya Allah, karuniakan kepadaku pengetahuan dan kesadaran, jauhkanlah diriku dari kebodohan dan kepalsuan, dan berikanlah kepadak bagian dari seiap kebaikan yang diturunkan di dalamnya dengan kedermawananMu wahai Yang Maha Dermawan dari semua yang dermawan.”

Hadirin , jama’ah rahimakumullah. Do’a diatas mengandung beberapa inti permohonan yang kita harapkan dipenuhi oleh Allah:

  1. memohon diberi ilmu pengetahuan dan dijauhakan dari segala bentuk kebodohan
  2. memohon diberi kesadaran diri dan dijauhkan dari kepalsuan dan hal-hal yang menyesatkan.
  3. memohon diberikan kemanfaatan dari semua ibadah yang kita laksanakan.

Hadirin , jama’ah rahimakumullah. Imam ghazali di dalam kitab Ikhya’ Ulumuddin menjelaskan , ada empat jenis manusia di muka bumi ini;

1.

Yakni manusia yang pandai dan sadar bahwa dirinya adalah orang yang pandai, sehingga ia mau mengajar. Ciri manusia yang masuk dalam kelompok ini adalah orang yang mau mengajarkan ilmunya kepada orang lain, dengan penuh tangung jawab.

2.

Yakni manusia yang bodoh, dan ia sadar bahwa dirinya memang bodoh, sehingga ia mau menuntut ilmu. Cirinya adalah orang yang mau untuk belajar, mengaji dan menuntut ilmu dengan sepenuh hati.

3.

Yakni, manusia yang pandai, tetapi tidak sadar bahwa dirinya pandai,sehinga ia tidak mau mengajar orang ain. Cirinya adalah,orang yang pandai tetapi ia tidak peduli dengan lingkungannya yang membutuhkan ilmunya, sehingga ia membiarkan kebodohan menghiasi lingkunga dan masyarakat di sekitarnya.

4.

Yakni manusia bodoh, tapi ia tidak sadar bahwa dirinya bodoh, sehingga tidak mau belajar dan mengaji. Cirinya adalah, orang yang bodoh, akan tetapi ia tidak mau belajar dan membiarkan dirinya tetap dalam kebodohan.

Hadirin, jama’ah subuh rahimakumullah. Dengan do’a yang telah kita bacakan di atas, kita berharap menjadi orang-orang yang pandai sekaligus sadar akan kemampuan yan kita miliki. Atau jika kita belum pandai, kita berharap diberi kesadaran untuk mau belajar dan menuntut ilmu dengan sungguh-sungguh. Jangan sampai kita menjadi orang pandai yang lupa diri sehingga tidak mau mengajarkan ilmunya kepada orang lain. Terlebih lagi, kita juga berharap jangan sampai menjadi orang bodoh yang tidak sadar akan kebodohan yang kita derita, sehingga dijuluki oleh masyarakat sebagai orang yang sok tahu, sok pinter dan sok-sok yang lain …… Na’udzubillahi mindzalik.

Setelah kita sadar akan diri kita masing-masing, dengan do’a di atas kita juga berharap bahwa ibadah yang kita laksanakan senantiasa mendapatkan upah dan pahala dari Allah. Untuk mencapai keinginan ini, maka di dalam melaksanakan ibadah, kita dituntut untuk mengetahui ilmunya, dengan cara belajar dan mengikuti pengajian-pengajian yang diselenggarakan di tengah kehidupan masyarakat. Imam Az Zarnuji dalam kitab Ta’limul Muta’alim menjelaskan:

Artinya: “ Belajarlah kalian semua, karena ilmu akan menjadi hiasan bagi orang-orang yang memilikinya. Di samping itu, ilmu juga akan membentuk manusia yang mulia ,sekaligus menjadi prinsip untuk memperoleh kehormatan”.

Bahkan Allah SWT. di dalam surat Al Mujadalah ayat 11, berjanji akan mengangkat derajat dan kedudukan orang-oarang yang beriman dan orang-orang yang memiliki ilmu pengetahuan , dengan beberapa tingkatan/derajat di sisiNya dan juga dihadapan manusia:

Artinya: “Allah akan mengangkat derajat orang-orang yang beriman di antara kamu , dan orang-orang yang memiliki ilmu pengetahuan , beberapa derajat”.

Wallahu a’lamubishowab.

Kokap, 13 September 2007


[1]Penulis adalah penyuluh Agama Islam fungsional Kecamatan Kokap Kabupaten Kulon Progo, kuliah pascasarjana Studi Agama dan Resolusi Konflik di UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta

Make a Comment

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Liked it here?
Why not try sites on the blogroll...

%d blogger menyukai ini: